RPP Mapel MRL Kelas X Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah             : SMK NEGERI 2 TAKENGON
Mata Pelajaran            : Rangkaian Listrik
Kelas/Semester            : X/2
Pertemuan ke              : 2
Alokasi Waktu            : 12 x 45 menit
Standar Kompetensi    : Menganalisis rangkaian listrik
Kompetensi Dasar       : Mendeskripsikan konsep rangkaian listrik
Indikator                     : Hukum-hukum dasar kelistrikan dijelaskan sesuai konsep rangkaian
                                      Listrik


A.   Tujuan Pembelajaran
     Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.     Mengetahui hukum-hukum dasar pada kelistrikan.
2.     Menjelaskan hukum Ohm dalam rangkaian kelistrikan.
3.     Menggunakan hukum Ohm dalam pengerjaan soal kelistrikan.
4.     Mengetahui macam-macam rangkaian dasar dalam teknik listrik.
5.     Menjelaskan hukum kirchoff I dalam dunia kelistrikan.
6.     Menjelaskan Penggunaan hukum kirchoff I pada rangkaian Listrik.
7.     Menggunakan hukum kirchoff I dalam penyelesaian soal kelistrikan.
8.     Menjelaskan hukum kirchoff II dalam dunia kelistrikan.
9.     Menjelaskan Penggunaan hukum kirchoff II pada rangkaian kelistrikan.
10. Menggunakan hukum kirchoff II dalam menyelesaikan soal rangkaian kelistrikan.

B.    Materi Pembelajaran
1.     Pengertian rangkaian listrik.
Rangkaian listrik adalah interkoneksi dari sekumpulan elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubungnya dimana disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup.
2.     Pembagian arus, tegangan dan hambatan.
    Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.
    Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensi listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial sebuah medan listrik untuk menyebabkan aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik.
    Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya.
3.     Hukum ohm pada rangkaian listrik.
Hukum Ohm menyatakan bahwa besar arus yang mengalir pada suatu konduktor pada suhu tetap sebanding dengan beda potensial antara kedua ujung-ujung konduktor.
I = V/R


HUKUM KIRCHOFF

Hukum Kirchoff  I
1.     Hukum kirchoff I pada rangkaian kelistrikan
Hukum Kirchoff I digunakan untuk menghitung arus pada rangkaian tidak bercabang dan rangkaian bercabang pada rangkaian listrik.
2.     Hukum kirchoff I tentang arus listrik.
    “Pada rangkaian listrik tak bercabang, kuat arus di setiap titik pada rangkaian sama besar”.
     I1 =I2 = I3
    “jumlah kuat arus yang masuk pada titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan tersebut”.
     ∑Imasuk =∑ Ikeluar
3.     Contoh soal yang menggunakan hukum kirchoff I pada rangkaian kelistrikan.

          Hukum Kirchoff II
1.     Hukum kirchoff II pada rangkaian kelistrikan
Hukum Kirchoff II digunakan untuk mengitung besarnya tegangan pada rangkaian listrik.
2.     Hukum kirchoff II  tentang tegangan listrik.
Jumlah aljabar penurunan tegangan (voltage drop) pada rangkaian tertutup (loop) menuruti arah yang ditentukan = jumlah aljabar kenaikan tegangan (voltage rise) nya.
S Vdrop  = S Vrise 
3.     Contoh soal yang menggunakan hukum kirchoff II pada rangkaian kelistrikan.

C.    Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.     Praktikum
3.     Diskusi/Tanya jawab
4.     Pemberian Tugas

D.   Langkah-langkah Kegiatan
a.     Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru memberi salam dan mengelola kelas.
2.     Absensi siswa
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b.     Kegiatan Inti
1.     Guru menjelaskan kepada siswa tentang konsep rangkaian listrik.
2.     Guru menjelaskan tentang arus, hambatan dan tegangan sebagai komponen pembentuk rangkaian listrik.
3.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk membuat suatu rangkaian listrik dan mengamati sifat-sifatnya.
4.     Guru menjelaskan hukum ohm yang berlaku pada rangkaian listrik tersebut.
5.     Guru menerapkan hukum ohm untuk menghitung besaran/nilai tegangan, hambatan atau arus suatu rangkaian.
c.     Penutup.
1.       Guru meminta kelompok untuk diskusi untuk membuat hasil praktikum kelompok.
2.       Guru memberikan latihan perhitungan berdasarkan hukum ohm pada siswa.

E.    Sumber Belajar
1.          Modul  RL.
3.          http://wikipedia.com.





F.    Penilaian
a.     Teknik Penilaian : Praktikum kelompok dan Test tertulis perhitungan
b.     Bentuk instrument : Alat Praktikum dan Essay
c.     Instrument :

1.     Praktikum Kelompok

statistics

Komentar

Recent

Comment