RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : SMK NEGERI 2
TAKENGON
Mata Pelajaran : Rangkaian Listrik
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan
ke : 2
Alokasi
Waktu : 12 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Menganalisis rangkaian
listrik
Kompetensi
Dasar : Mendeskripsikan konsep
rangkaian listrik
Indikator : Hukum-hukum dasar
kelistrikan dijelaskan sesuai konsep rangkaian
Listrik
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan
pembelajaran siswa dapat:
1. Mengetahui
hukum-hukum dasar pada kelistrikan.
2. Menjelaskan
hukum Ohm dalam rangkaian kelistrikan.
3. Menggunakan
hukum Ohm dalam pengerjaan soal kelistrikan.
4. Mengetahui
macam-macam rangkaian dasar dalam teknik listrik.
5. Menjelaskan
hukum kirchoff I dalam dunia kelistrikan.
6. Menjelaskan
Penggunaan hukum kirchoff I pada rangkaian Listrik.
7. Menggunakan
hukum kirchoff I dalam penyelesaian soal kelistrikan.
8. Menjelaskan
hukum kirchoff II dalam dunia kelistrikan.
9. Menjelaskan
Penggunaan hukum kirchoff II pada rangkaian kelistrikan.
10. Menggunakan
hukum kirchoff II dalam menyelesaikan soal rangkaian kelistrikan.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian rangkaian listrik.
Rangkaian listrik adalah interkoneksi dari sekumpulan
elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubungnya dimana
disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup.
2.
Pembagian arus, tegangan dan
hambatan.
●
Arus listrik adalah banyaknya
muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.
●
Tegangan listrik (kadang disebut
sebagai Voltase) adalah perbedaan potensi listrik antara dua titik dalam
rangkaian listrik, dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi
potensial sebuah medan listrik untuk menyebabkan aliran listrik dalam sebuah
konduktor listrik.
●
Hambatan listrik adalah
perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya
resistor) dengan arus listrik yang melewatinya.
3.
Hukum ohm pada rangkaian listrik.
Hukum Ohm menyatakan bahwa besar arus yang mengalir
pada suatu konduktor pada suhu tetap sebanding dengan beda potensial antara
kedua ujung-ujung konduktor.
I = V/R
HUKUM
KIRCHOFF
Hukum
Kirchoff I
1. Hukum
kirchoff I pada rangkaian kelistrikan
Hukum
Kirchoff I digunakan untuk menghitung arus pada rangkaian tidak bercabang dan
rangkaian bercabang pada rangkaian listrik.
2. Hukum
kirchoff I tentang arus listrik.
● “Pada
rangkaian listrik tak bercabang, kuat arus di setiap titik pada rangkaian sama
besar”.
I1 =I2 = I3
● “jumlah
kuat arus yang masuk pada titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang
keluar dari titik percabangan tersebut”.
∑Imasuk =∑ Ikeluar
3. Contoh
soal yang menggunakan hukum kirchoff I pada rangkaian kelistrikan.
Hukum
Kirchoff II
1. Hukum
kirchoff II pada rangkaian kelistrikan
Hukum
Kirchoff II digunakan untuk mengitung besarnya tegangan pada rangkaian listrik.
2. Hukum
kirchoff II tentang tegangan listrik.
Jumlah aljabar penurunan tegangan (voltage drop) pada rangkaian
tertutup (loop) menuruti arah yang
ditentukan = jumlah aljabar kenaikan tegangan (voltage rise) nya.
S Vdrop = S Vrise
3. Contoh
soal yang menggunakan hukum kirchoff II pada rangkaian kelistrikan.
C.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktikum
3. Diskusi/Tanya
jawab
4. Pemberian
Tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru memberi salam dan mengelola
kelas.
2.
Absensi siswa
3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
b. Kegiatan
Inti
1. Guru
menjelaskan kepada siswa tentang konsep rangkaian listrik.
2. Guru
menjelaskan tentang arus, hambatan dan tegangan sebagai komponen pembentuk
rangkaian listrik.
3. Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk membuat suatu rangkaian listrik dan
mengamati sifat-sifatnya.
4. Guru
menjelaskan hukum ohm yang berlaku pada rangkaian listrik tersebut.
5. Guru
menerapkan hukum ohm untuk menghitung besaran/nilai tegangan, hambatan atau
arus suatu rangkaian.
c. Penutup.
1. Guru
meminta kelompok untuk diskusi untuk membuat hasil praktikum kelompok.
2. Guru
memberikan latihan perhitungan berdasarkan hukum ohm pada siswa.
E. Sumber Belajar
1.
Modul RL.
3.
http://wikipedia.com.
F.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian : Praktikum
kelompok dan Test tertulis perhitungan
b.
Bentuk instrument : Alat Praktikum
dan Essay
c.
Instrument :
1.
Praktikum Kelompok
2 komentar
TES
TES JUGA
EmoticonEmoticon